World Clock

JARINGAN KOMPUTER


A.    Pengertian Jaringan Komputer 

Jaringan Komputer (Computer Network) adalah suatu system yang yang terdiri dari beberapa komputer yang saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya menggunakan protocol komunikasi melalui media komnukasi sehingga dapat berbagi informasi / data (Sharing Data).
Jaringan Komputer bisa dibedakan menjadi 4 bagian dengan berdasarkan kriterianya, yaitu :

  1. Berdasarkan Distribusi Infromasi / Data
Berdasarkan distribusi sumber informasi / datanya, jaringan komputer dibedakan menjadi :

    • Jaringan Terpusat
Jaringan ini terdiri dari Komputer Client dan Komputer Server, dimana komputer client berfungsi sebagai perantara untuk mengakses infromasi / data yang barasal dari komputer server.

    • Jaringan Terdistribusi
Jaringan ini merupakan perpaduan dari beberapa jaringan terpusat, sehingga terdapat beberapa komputer server yang saling berhubungan dengan komputer klient yang membentuk sistem jaringan tertentu.


  1. Berdasarkan Jangkauan Geografis
Berdasarkan jangkauan geografisnya, jaringan komputer dibedakan menjadi :

    • LAN (Local Area Network)
Jaringan ini merupakan jaringan yang menghubungkan 2 komputer atau lebih dalam satu cakupan, seperti pada sekolah, kantor, serta dalam 1 warnet.

    • MAN (Metropolitan Area Network)
Jaringan ini merupakan jaringan yang mencakup satu kota besar beserta daerah setempat. Contohnya jaringan telepon local.

    • WAN (Wide Area Network)
Jaringan ini merupakan jaringan yang mencakup seluruh dunia. Contohnya Jaringan PT. Telkom, PT. Indosat, dll.


  1. Berdasarkan Peranan dan Hubungan dalam Mengakses Data
Berdasarkan peranan dan hubungan dalam mengakses datanya, jaringan komputer dibedakan menjadi :

    • Jaringan Client-Server
Jaringan ini merupakan jaringan yang terdiri dari Komputer Client dan Komputer Server. Dimana komputer client sebagai perantara untuk dapat mengakses data pada komputer server sedangkan komputer server sebagai penyedia informasi yang diperlukan oleh komputer client.

    • Jaringan Peer-to-Peer
Pada jaringan ini tidak ada komputer client maupun komputer server karena semua komputer dapat melakukan pengiriman maupun penerimaan informasi sehingga semua komputer berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server (Sharing Data).


  1. Berdasarkan Media Transmisi Data
Berdasarkan media transmisi datanya, jaringan komputer dibedakan menjadi :

    • Jaringan Berkabel (Wired Network)
Jaringan ini merupakan jaringan yang menghubungkan satu komputer dengan komputer lain dengan menggunakan kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi untuk mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.

    • Jaringan Nirkabel (Wireless Network)
Jaringan ini merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan.


B.     Jenis-jenis Jaringan Komputer

Secara umum jaringan komputer dibagi menjadi 5 jenis jaringan, yaitu :

1.      Local Area Network (LAN)
Local Area Network (LAN) adalah jaringan yang menghubungkan 2 komputer atau lebih di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama dan saling bertukar informasi.

2.      Metropolitan Area Network (MAN)
Metropolitan Area Network (MAN) adalah jaringan yang mencakup satu kota besar beserta daerah setempatnya, seperti jaringan telepon lokal, sistem telepon seluler, serta jaringan relay beberapa ISP internet.

3.      Wide Area Network (WAN)
Wide Area Network (WAN) adalah jaringan yang jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua, dan mungkin seluruh dunia. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.

4.      Internet (Interconnected Networking)
Internet (Interconnected Networking) adalah Kumpulan jaringan-jaringan yang terinterkoneksi, dan merupakan sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayan pengguna (Users) di seluruh dunia.

5.      Jaringan Tanpa Kabel (Wireless)
Jaringan Tanpa Kabel (Wireless) adalah jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar computer.
Jaringan tanpa kabel ini merupakan solusi terhadap komunikasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel.



C.    Topologi Jaringan Komputer

Topologi adalah suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya sehingga membentuk suatu jaringan.
Topologi yang banyak digunakan adalah Bus, Ring, Star dan Peer-to-Peer Network. Masing-masing topologi ini mempunyai ciri khas, dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri.

  1. Topologi BUS
Keuntungan :
-          Hemat kabel
-          Layout kabel sederhana
-          Mudah dikembangkan

Kerugian :
-          Deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil
-          Bila salah satu client rusak, maka jaringan tidak akan berfungsi
-          Diperlukan repeater untuk jarak jauh


  1. Topologi RING
Keuntungan :
-          Hemat kabel

Kerugian :
-          Peka kesalahan
-          Pengembangan jaringan lebih kaku


  1. Topologi STAR
Keuntungan :
-          Paling fleksibel                      
-          Pemasangan/perubahan stasiun sangat mudah dan tidak mengganggu bagian jaringan lain
-          Kontrol terpusat
-          Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan/kerusakan
-          Kemudahaan pengelolaan jaringan

Kerugian :
-          Boros kabel                     
-          Perlu penanganan khusus
-          Kontrol terpusat (HUB) jadi elemen kritis

  1. Topologi Peer-to-Peer Network
Peer-to-peer network adalah jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer (biasanya tidak lebih dari 10 komputer dengan 1-2 printer). Dalam sistem jaringan ini yang diutamakan adalah penggunaan program, data dan printer secara bersama-sama.
Pada jaringan ini tidak ada komputer client maupun komputer server karena semua komputer dapat melakukan pengiriman maupun penerimaan informasi sehingga semua komputer berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server (Sharing Data).

0 komentar:

Posting Komentar